membuat loading template blog super cepat Bloger Aceh

Bloger Aceh adalah Blog tentang Tip, Trik dan Tutorial Blogger dalam mempercantik blog

31 May, 2016

membuat loading template blog super cepat

membuat loading template blog super cepat
Kira kira 3 tahun lamanya blogeraceh vacum sejak 2013 dan kini kembali bangkit dengan semangat dan bekal yang berbeda jauh. walaupun blog pribadi kesayangan ini masih tetap mendapatkan traffic walaupun sedikit namun sayang rasanya jika tidak dilanjutkan. 3 tahun bersemedi banyak ilmu pemograman web, kontent dan  sosial marketing yang ingin saya bagi bersama sobat blogger

saya teringat dengan masa-masa ketika masih pemula sekali sebagai blogger sampai harus mencari master-master blog profesional untuk dijadikan guru dan mastah, but now it's my time to pay a favor. saking banyaknya hal yang ingin saya share jadi tidak tau lagi mau memulai dimana, namun yuk kita lihat dan perhatikan blog blogeraceh dan hal apa yang menarik untuk dipelajari.

Template Al jazary Super Cepat.

Jika dibandingkan dengan template blog pada umumnya yang sangat berat loading dan proses rendering yang membutuhkan banyak Graphic Memory sehingga bagi pengunjung setia kita itu adalah kendala-kendala yang harus diperhatikan, berdasarkan survey beberapa tahun lalu pengguna internet berkembang pesat di perangkat mobile seperti pengguna Android dan Ios. untungnya jika pengguna Iphone tidak terlalu bermasalah dengan perangkat experient ataupun internet data yang dihabiskan di blog kita, tapi bagaimana dengan Android user?
Google browser memiliki dua buah tipe search engine atau mesin pencari yang mana hasilnya berbeda sedikit banyaknya. makanya kita mengenal istilahnya mobile friendly, users friendly dan search engine friendly.
untuk mendapatkan ketiga fitur diatas, kita butuh salah satu metode seo (search engine optimize) atau optimasi mesin pencari. memang bukan yang paling penting di no 1, setidaknya mengoptimalkan kecepatan blog loading speed kita berada pada poin ke 3 atau ke 4 dari semua poin penting dalam mengoptimalkan website atau blog.
diantara poin penting dalam memperoleh blog atau website yang bagus adalah
  1. artikel berkualitas yang mendapat feedback bagus dan jadi referensi
  2. backlink berkualitas untuk meningkatkan google pagerank
  3. link building atau internal link.
  4. page speed loading blog dan user friendly
  5. seo onpage atau optimasi template dan artikel
perbedaan dari mobile friendly dengan tidak adalah dari segi tampilan website atau blog di smartphone browser sehingga mudah digunakan atau sering juga disebut dengan template blog responsive. cara menerapkannya cukup mudah karena sobat cukup mempelajari bahasa pemograman CSS, fitur yang digunakan adalah:
@media only screen and (min-width:1080px){
 //code css nya disini
 //hanya berpengaruh pada lebar browser diatas 1080 pixel.
}
Dengan kita menggunakan media css seperti atas maka akan sangat mudah untuk mengatur layout mana yang ditampilkqn untuk versi mobile, tablet dan desktop. selain menggunakan media css kita juga bisa menggunakan pengalihan header untuk mengarahkan pengunjung mobile ke page khusus mobile yang yang disarankan oleh google adalah AMP model atau Accelerate Mobile Page. bagi sobat yang sudah menguasai bahasa pemograman PHP maka bisa juga menggunakan header detection dan menampilkan tampilan dinamis sesuai perangkat user, jadi jika pengunjung dideteksi mengakses blog kita dari smartphone maka kita tampilkan versi yang mobile friendly, jika melalui tablet atau desktop maka kita tampilkan yang versinya masing-masing. dengan begini maka besarnya kode html, script dan css yang di download oleh pengunjung akan sangat sedikit dan ringan seperti contohnya blogeraceh, jika sobat bisa mengeceknya dengan tool seo maka hasilnya sangat mengangumkan.

bagaimana cara membuat template cepat seperti blogeraceh?

template cepat dan wus wus memang keinginan para blogger untuk membuat persaingan di halaman utama google, karena sedikit banyak ini mempengaruhi pengunjung blog untuk betah berada di blog kita dan betahnya pemirsa blog mempengaruhi statistik blog kita di google yang mengirim sinyal bahwa blog kita sangat user friendly. bagi sobat yang menggunakan google analystic maka ada banyak fitur dan keuntungan bagi kita untuk berbagi data statistik blog kita bersama google.
Apakah template seperti blogeraceh gratis atau berbayar (premium)? template ini tidak dijual atau gratis karena sifatnya penggunaan pribadi, namun ilmu dan cara untuk membuatnya adalah gratis. cara itulah yang nantinya akan blogeraceh share disini secara bertahap.
template blogger ada 2 versi sebenarnya, versi awal atau classic templates dan versi moderatnya dinamis template. perbedaannya di template klasik hanya tersedia code dasar hitam-putih berbeda dengan template modern blogger yang berwarna dan ada fitur drag & drop posisi widget serta proses pengaturan warna template secara klik and done.
kelebihan template klasik adalah kode nya yang ringan dan tidak banyak, untuk template blogeraceh saat artikel ini ditulis hanya berukuran 15KB html code + 55KB javascript code + beberapa KB file image yang bervariasi antara 50-100KB totalnya. sumber masalah beratnya suatu template blogger adalah di javascript dan image, untuk javascript memang sudah menjadi bawaan template nya sehingga bila dikurangi atau dihilangkan akan menyebabkan error dan malfungsi, saya menyarankan agar sobat memakai template yang tidak banyak integrasi jacascriptnya dan simple atau gunakan template klasik. untuk penggunaan image adalah pada ukuran gambar yang biasanya tidak dikompress terlebih dahulu, jadi upayakan menggunakan compress tool dulu sebelum meng upload gambar ke website atau blog.
untuk tip selanjutnya akan kita kupas pada bagian membangun template blogger sendiri. semoga artikel ini membantu dan memberi sedikit pencerahan dalam membuat loading template blog super cepat

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Berkomentar sesuai Artikel Posting Blog,, jika ingin memasang link gunakan Tempat yang Blogeraceh Sediakan di Menu Link Exchange

Subscribe to Post Comments [Atom]