cara mendapatkan sertifikat ssl gratis https Bloger Aceh

Bloger Aceh adalah Blog tentang Tip, Trik dan Tutorial Blogger dalam mempercantik blog

02 June, 2016

cara mendapatkan sertifikat ssl gratis https

cara mendapatkan sertifikat ssl gratis https
sobat blogger tau tidak seberapa pentingkah jaringan SSL, kini pun blogger sendiri sudah menyediakan fitur SSL gratis ini dan ini sangat disarankan pada era internet sekarang. selain untuk keamanan jaringan https yang secure ini juga sangat SE friendly karena apapun yang User friendly maka otomatis SE friendly juga.

pemahamnnya sederhana, jika pengunjung atau pembaca mengakses sebuah website atau blog maka pengalaman pertama yang muncul adalah proses loading blog yang cepat dan instan sehingga tidak alasan bagi pengunjung untuk berkeluh kesah karena alasan lelet dan terlalu berat yang berimbas langsung menutup halaman dan  pindah ke blog lain. disinilah kita mendapatkan poin user friendly pertama.
setelah pengunjung selesai melihat dan membaca maka akan muncul pengalaman yang kedua tentang design dan tampilan yang mencolok, menarik atau hancur lebur, disini termasuk juga tipe template yang simple, menarik dan responsive serta mobile friendly. jika kita bisa memenuhi harapan pembaca maka hal ini akan membuat pengunjung betah dan berlama-lama di blog kita serta tertarik untuk terus membaca artikel yang lainnya. pada tahap ini kita sudah mendapatkan poin ke 2.
disaat tahap kedua sudah selesai maka akan masuk ketahap penyelidikan dan penilaian pengunjung terhadap blog dan artikel secara keseluruhan, isi konten sangat berpengaruh terhadap tahap ini dimana pembaca akan menilai apakah blog kita pantas untuk dikunjungi atau apakah artikel yang kita posting orisinil dan bukan plagiat alias copy paste. pada dasarnya pembaca tidak suka pada kontent yang hasil 100% copy paste karena menunjukkan bahwa penulis tidak peduli kepada kualitas namun hanya pada kuantitas untuk kepentingan pribadi semata.
Pada hal hal tertentu jaringan https atau SSL berfungsi untuk mendapatkan user trust karena imej nya adalah websitenya aman, bukan website sp*m atau sc*m apalagi website yang mengandung malw*are atau tool yang berbahaya lainnya. dengan mendapatkan kepercayaan ini maka saat ada penawaran atau pun iklan yang tampil pembaca pun tak terlalu menaruh curiga pada kontent yang ditawarkan. anggap saja seperti kita melakukan proses transaksi maka prioritas pertama tetap yang paling aman dulu diutamakan. google atau search engine lainnya tentu melihat ini sebagai salah satu poin terhadap user friendly dan menyesuaikan algoritma mereka untuk memprioritaskan kepada website yang menggunakan fitur SSL.
Search engine adalah Algoritma yang dirancang untuk memprioritaskan pengguna internet sehingga selama kita bisa menjunjung tinggi kualitas dari dan menjaga blog agar user friendly maka otomatis itu sudah setengah dari SEO dan hanya perlu melakukan proses optimasi tahap lainnya saja, kadang ada penulis yang hanya fokus pada SEO dan melanggar aturan yang seharusnya diterapkan untuk menjaga agar blog tetap user friendly, hal hal seperti ini memang patut dihindari sebelum kita menerima penalti nantinya.

aktifkan dan pasang sertifikat ssl gratis sekarang

untuk para pengguna blogger cukup mudah tinggal masuk ke setelan di blogger.com kemudian aktifkan pengalihan https dan selesai, dengan begini maka semua link akan terbuka lewat https saja, sangat disarankan untuk mengejek template blogger sobat dimana ada diterapkan link http dulu untuk bisa diganti ke link https dan begitu juga dengan konten artikel yang berisi link http juga sebaiknya diganti karena ini akan mempengaruhi backlink count baik external maupun internal. selain itu juga berpengaruh pada social count seperti facebook, google plus, pinterest dan lainnya, sedangkan untuk twitter memang sudah tidak tersedia lagi data terbuka untuk total tweetnya.
selain pemakai template blogger maka kita menerapkan lewat pendaftaran sertifikat code ke penyedia domain atau hoating pada menu SSL atau  sertifikat. namun kode sertifikat nua harus kita buat dulu bagi yang free dan beli bagi yang mau level lebih tinggi sebagai contoh seperti yang digunakan di filmanimasi.com.
untuk mendapatkan kode sertifikat ssl gratis maka salah satu penyedianya adalah startssl.com dimana kita harus mendaftarkan dulu alamat email kita disini, saya menyarankan untuk mendaftarkan menggunakan email LTD seperti webmaster@example.com karena nanti dalam proses verifikasi domain kita akan menggunakan email semacam ini juga.
jadi poin-poin penting yang ada disini adalah seperti:
  • register akun startssl
  • verifikasi domain website
  • download aplikasi window untuk men generate code request sertifikat ssl dan sertifikat key
  • download winrar sertifikat bundle yang sudah berhasil di request.
di dalam winrar ada 4 buah paket untuk tipe server technology yang berbeda, seperti server apache, nginx iss dll jadi gunakan sesuai tipe hosting server sobat masing-masing.
setelah setelah sukses proses instalasi maka sebaiknya aktifkan fitur security header HSTS supaya domain kita hanya bisa diakses melalui jaringan aman SSL yaitu https, jika diakses melalui http biasa maka dilakukan pengalihan otomatis.
kadangkala ada yang gagal pengalihan, maka bisa juga menggunakan pengalihan melalui menu di cpanel atau domqin atau langsung menggunakan settingan di file .htaccess karena pada dasarnya menu cpanel juga men generat kode htaccess nantinya. untuk tahap selanjutnya blogeraceh akan membahas full tips agar blog atau website menjadi benar-benar secure bukan hanya pada proses enkripai tranfer data seperti jaringan SSL ini.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Berkomentar sesuai Artikel Posting Blog,, jika ingin memasang link gunakan Tempat yang Blogeraceh Sediakan di Menu Link Exchange

Subscribe to Post Comments [Atom]